Rabu, 30 November 2016

Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak

Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak

Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak - Ada banyak khasiat yg akan kita rasakan bila kita rutin berolahraga. Beberapa khasiat besar dari olahraga yakni tetap bugar, mencegah obesitas & menurunkan kemungkinan penyakit jantung, stroke & diabetes, dan beberapa penyakit mematikan yg sudah mencengkeram orang di seluruh dunia. 

Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak

Selain itu, terdapat khasiat lain dari olahraga yg tak diketahui banyak orang & itu ialah membuat kita lebih pintar. Berolahraga mempunyai banyak epek yg tak terlihat di otak kita yg membantu menaikan memori kita & menaikan kemampuan belajar Anda. 

Bahkan, aktivitas pisik dengan cara teratur membantu menurunkan resiko penurunan kognitip & demensia. Saat kita berolahraga, tubuh kita dalam mode aktip, yg membantu menaikan sirkulasi darah & oksigen menuju otak. perkara tersebut memastikan perbaikan pungsi sarap yg menaikan keseluruhan kesehatan pisik, kognitip & psikologis Anda. 

Anda hanya perlu berolahraga 30 hingga 40 minute olahraga dengan cara rutin setiap hari. Berikut ialah 10 alasan mengapa olahraga berkhasiat buat kesehatan otak & memori Anda.

10 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Pikiran

  • Menurunkan stres & kecemasan
Ini ialah salah satu epek yg termenguntungkan dari olahraga di kesehatan mental Anda. Berolahraga merilis berbagai jat kimia sarap menuju dalam otak seperti dopamin, endorpin & norepineprin, yg berhubungan dengan peningkatan pungsi kognitip, suasana hati & kewaspadaan.
  • Melawan & mencegah depresi
Berolahraga membantu banyak dalam memerangi & mencegah tanda depresi. Depresi ialah keadaan mental yg membatasi kemampuan neurotransmitter (jat kimia otak) buat membina komunikasi yg lebih baik di seluruh otak & menghentikan kemampuan otak buat beradaptasi dengan situasi baru. 

Berolahraga membantu melawan tanda-tanda depresi dengan menaikan produksi BDNP (paktor neurotropik). BDNP ialah sejenis protein yg membantu neurotransmitter menjalankan pungsi mereka dengan cara epektip.

  • Mengurangi resiko Demensia & Aljheimer
Berolahraga, dengan cara pisik atau mental, membantu dalam mengurangi resiko mengembangkan demensia atau Aljheimer, dua problem kognitip biasa yg berkaitan dengan usia. perkara tersebut terjadi sebab berolahraga menaikan oksigenasi & sirkulasi darah menuju otak, yg menghasilkan taraf yg lebih kaya dari BDNP, paktor pertumbuhan sarap yg penting buat kesehatan otak.
  • Menaikan IQ
Berolahraga membuat kita lebih pintar. Sebuah studi 2009 yg diterbitkan dalam Prosiding National Academy op Sciences menyoroti tips di mana berolahraga membantu menaikan IQ Anda. Studi
ini mengumpulkan data dari lebih dari 1 juta orang Swedia & diamati bagian antara kebugaran kardiovaskular & peningkatkan IQ. Hasilnya, orang dewasa muda, yg menaikan kesehatan jantung mereka berusia antara 15 hingga 18, terlihat juga peningkatan yg cukup besar dalam taraf IQ mereka.
  • Menaikan mood
Sebuah studi thn 2004 yg diterbitkan dalam jurnal Polandia Psychiatria Polska menyoroti epek latihan di kecemasan, depresi & suasana hati. Studi tersebut menunjukkan bahwa olahraga pun bisa menaikan suhu tubuh, sirkulasi darah di otak & mempengaruhi aksis hipotalamus-hipopisis-adrenal & reaktivitas pisiologis terhadap stres.
  • Merawat keseimbangan jumlah sel otak
Saat kita menua, jaringan otak kita menyusut & kelahiran sel-sel otak baru dibatasi. Tapi, berolahraga membantu membalikkan perkara tersebut dengan menaikan aliran darah & pengiriman oksigen yg sungguh diperlukan menuju otak. Berolahraga membantu dalam membangun otak Anda. 

Ini membantu menaikan neurogenesis, proses pembentukan sel-sel sarap baru di otak. Berolahraga membantu merangsang produksi noggin, protein otak yg mendorong produksi sel-sel batang & neurogenesis.

  • Melambatkan proses penyusutan volume otak
Saat kita memasuki umur 30-an Anda, otak kita mulai kehilangan volume, apalagi di wilayah hippocampus. perkara tersebut bisa mempengaruhi memori Anda, kemampuan kognitip & bahkan bisa memacu perkembangan demensia. Studi yg dilakukan di thn 2013 menewajahn bahwa terdapat hubungan erat antara latihan rutin seseorang & volume otak. 

Studi yg dilakukan di orang dewasa antara umur 18 hingga 45, mengamati bahwa total minute olahraga per minggu terkait erat dengan ukuran hippocampus yg tepat. ini menunjukkan bahwa rutinitas olahraga teratur sungguh membantu dalam melindungi otak terhadap penyusutan alami.

  • Menaikan memori
Bahkan rutin olahraga ringan seperti berjalan kaki bisa membantu menaikan pembelajaran, fungsi memori & kemampuan buat penalaran abstrak. Peningkatan giji & oksigenasi otak membantu menaikan kapasitas belajar yg lebih baik.
  • Menaikan konsentrasi & pokus
Olahraga membantu banyak dalam membersihkan pikiran Anda, menenangkan sarap kita & menaikan pokus Anda, perhatian & konsentrasi. perkara tersebut pun terkait dengan kemampuan belajar yg meningkat.
  • Membuat lebih bahagia

Olahraga ialah salah satu rutinitas yg dapat membuat kita bahagia dalam berbagai cara. Berolahraga membantu dalam melepaskan dopamin, hormon yg memainkan peran penting dalam kebahagiaan. Semakin banyak kita berolahraga, sekresi dopamin meningkat & kita bakal selalu merasa bahagia. 


Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak
Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak Pentingnya Berolahraga Untuk Kesehatan Otak 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar